Sabtu, 21 April 2012

Blender 2.58

Bagi Anda yang membutuhkan software gratis (tapi berkualitas) untuk membuat berbagai desain dan video 2D dan 3D, cobalah Blender, software design open source gratis dengan kualitas premium.
Blender merupakan software open source untuk pemodelan (modeling), animasi (animation), rendering, pembuatan (creation) dan playback objek tiga dimensi (3D). Software ini tersedia untuk semua sistem operasi utama yang ada, dan memiliki lisensi GNU General Public License (GPL). Pada intinya, jika Anda ingin mencari sebuah software untuk membuat animasi dengan kualitas profesional, namun terkendala biaya karena harga software yang mahal, maka Blender merupakan solusi yang tepat untuk Anda. Karena Blender bersifat open source, maka Anda dapat menggunakannya secara bebas dan gratis, tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Fitur-fitur yang tersedia pada Blender terbilang lengkap, dan dapat dipecah menjadi beberapa kategori: Interface, Modeling, Rigging, Rendering, Animation, UV Unwrapping, Shading, Physics and Particles, Imaging and Compositing, dan Real Time 3D/Game Creation. Interface atau antar mukanya sendiri, meski dimuat dengan berbagai tool yang terlihat rumit, tetap dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu gambar atau objek yang sedang dikerjakan.

Beberapa contoh tool dan fungsi yang terdapat pada Blender mencakup 3D paint for vertex weighing, polygon meshes, 2D and 3D procedural brushes, edge rendering, textures, collision simulation, dan dukungan terhadap puluhan format file 2D dan 3D. Fitur lainnya dapat ditambahkan dengan menggunakan Python scripting, dan dikarenakan sifatnya yang open source, banyak script dapat ditemukan dengan mudah dan dapat didownload dari forum pengguna.

Kesimpulannya, Blender bukan ditujukan untuk seseorang yang berhati lemah. Agar dapat memahami dan menguasainya dibutuhkan beberapa waktu dan dapat dilakukan secara lebih baik dengan mengikuti tutorial yang mendetal pada website resmi Blender.

Terdapat juga komunitas Blender online yang sangat luas, dan siap membantu pengguna awam yang merasa kesulitan ketika mencoba mengoperasikan Blender. Walau begitu, karena pengguna cenderung harus memiliki kemampuan dasar terlebih dulu untuk lebih cepat menguasai Blender, maka software ini sangat direkomendasikan untuk pengguna tingkat mahir (advanced user). Pada versi terbarunya, ditambahkan beberapa fitur baru seperti dukungan subsurface scattering (SSS) dan dua composite node baru, menjadikannya sebagai software pemodelan tiga dimensi yang semakin powerful.

Download Link

Tidak ada komentar: